Waspadai Penipuan yang Sering Terjadi Bagian 2

Lalu ia akan meminta down payment dengan menyatakan agar mobil tidak dijual kepada orang lain. Selanjutnya ia akan mengatakan proses percakapan dilanjutkan via SMS saja. Di tahap berikutnya akan terjadi seperti skenario sebelumnya. Dari beberapa skenario itu tentu Anda bisa lebih cermat dalam mengenali siapa penjual atau calon pembeli mobkas Anda. Termasuk ketika Anda menemui beberapa kejanggalan yang mestinya dapat menimbulkan kecurigaan. Beberapa ciri khas penipu an itu memang dapat kita pelajari.

Tapi memang tak 100% dapat menangkal berbagai upaya penipuan yang bisa dibilang punya “1.001 cara”. Yang perlu diketahui adalah data dari si pembeli atau penjual mobkas. Data itu bisa beragam, misalnya nama, alamat tempat tinggal dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Setelah masuk pengenalan lawan jual-beli ini, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni proses pra pembayaran. Yaitu mengecek nama kepemilikan rekening dengan data yang tertera di KTP lawan jual-beli Anda. Nomor rekening harus sesuai sesuai dengan nama bank. Perlu juga diketahui, jika transfer antar bank yang sama, uang akan langsung berpindah secara cepat.

Sementara untuk transfer ke rekening bank yang berbeda, membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari kerja untuk uang sampai ke rekening yang dituju. Pastikan Anda meminta bukti transfer yang sudah dilakukan calon pembeli, baik down payment maupun pembayaran penuh. Jangan sampai bukti transfer belum Anda terima, tapi mobil sudah diserahkan ke pembeli. Ada baiknya Anda membuat tanda pembayaran DP, yang diperkuat dengan materai. Anda pun akan lebih tenang, karena jual-beli Anda dilandasi dasar hukum. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda akan lebih mudah mengurusnya ke pihak yang berwenang.