Tips Pemeliharaan Mesin Genset Segala Kapasitas

Tips Pemeliharaan Mesin Genset

Tips pemeliharaan Mesin Genset – Genset merupakan sebuah alat yang dapat menghasilkan daya listrik yang sering digunakan dalam situasi darurat, baik dalam acara pernikahan, kegiatan sekola, pedesaan, toko, restoran, hotel, perusahaan, dan sebagainya. Genset mempunyai manfaat besar dalam menunjang kegiatan manusia, sehingga diperlukan pemeliharaan secara baik. Di Manado, penggunaan genset sudah sangat luas, sehingga banyak ditemukan jasa dan distributor genset Manado.

Cara Pemeliharaan Genset yang Baik

Sebagai alat cadangan listrik, genset harus dirawat dan dipelihara dengan baik. Bahkan genset membutuhkan pemeliharaan secara khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang serta dapat berfungsi secara maksimal. Dengan pemeliharaan dan perawatan tang baik, genset dapat bekerja secara efektif dan awet serta memberikan manfaat yang lebih bagi kehidupan manusia. Cara pemeliharaan genset yang baik adalah sebagai berikut:

diletakan di tempat yang kering

Genset singkatan dari generator set, yang berupa mesin dengan berbagai arus listrik, sehingga tidak bisa diletakn di tempat yang basah, langsung terkena terik matahari ataupun air hujan. Genset harus diletakan pada tempat yang kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung.

menjaga kebersihan genset

Genset mempunyai berbagai rangkaian listrik, sehingga harus tetap bersih dari kotoran, debu, air dan lainya yang menempel pada genset agar tidak mudah rusak.

ganti spare part yang mengalami aus

Salah satu bagian dalam genset adalah spare part. Dalam waktu tertentu spare part akan aus dimakan waktu, sehingga spare part harus sering diganti agar genset tidak rusak atau mati secara keseluruhan.

terdapat sirkulasi udara yang baik

genset harus ditempatkan pada ruangan dengan sirkulasi yang baik dan cukup. Agar gas buangan dari genset dapat keluar dengan baik dan tidak membuat genset menjadi kotor. Sirkulasi udara yang baik dapat menjaga genset dari bahaya racun yang membuat genset tidak mudah mengalami kerusakan.

mengoperasikan genset dengan benar

Pengoperasian genset harus sesuai dengan pedoman penggunaan genset tersebut. Karena apabila pengoperasian genset tidak sesuai dengan pedoman, maka genset mudah rusak dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

perhatikan kabel instrumen

Pada bagian kabel instrumen pada genset harus sering diperhatikan apakah ada yang terkelupas, lepas, dan ssebagainya. Karena kabel adalah bagian paling penting dalam genset.

Pemeliharaan genset yang baik dapat menambah keawetan dan penggunaan dalam jangka panjang. Serta dapat memaksimalkan genset bekerja secara optimal.