Setelah merilis Access Point (AP) untuk penggunaan luar ruangan (outdoor) TL-WA5210G, TP-LINK kembali hadir tahun ini dengan AP terbarunya TL-WA7210N. Seperti AP outdoor umumnya, TL-WA7210N berfungsi utama menyediakan koneksi wireless di luar ruangan (outdoor) antara dua titik yang berjauhan (hingga berskala kilometer). Skenarionya bisa bermacammacam, misalnya TL-WA7210N sebagai AP client router untuk menerima koneksi dari provider WISP (Wireless Internet Service Provider), dua TL-WA7210N yang terkonkesi (Point-to-Point) secara wireless dari jarak jauh, dan beberapa TL-WA7210N yang terkoneksi (multi-point) secara wireless dari jarak jauh. Dengan demikian, skenario setup (jumlah AP, posisi AP, jumlah client device, dan lain-lain) akan berbeda terTP-LINK TL-WA7210N 2.4GHz 150 MbPs wireless ap untuk Koneksi outdoor dengan Jarak berskala Kilometer gantung jenis koneksi wireless yang dibutuhkan.

Sesuai dengan fungsinya sebagai AP outdoor, TL-WA7210N yang telah mendukung standar Wi-Fi IEEE 802.11b/g/n (150 Mbps) ini telah dibekali dengan antena wireless internal (dual-polarised directional) 12dBi yang kekuatan pancarnya mencapai 500 mW. Tidak hanya itu, TP-Link pun juga menggunakan material bodi /enclosure yang tahan terhadap beragamam jenis cuaca dan suhu (-30 0C hingga 70 0C), serta petir (4000 V) dan Electrostatic discharge protection (15.000 V). Desain TL-WA7210N yang berbentuk kotak memanjang (dimensi 265 x 120 x ) sudah cukup menjelaskan bahwa AP ini dirancang untuk dipasang pada tiang yang tinggi. Untuk memasangnya ke tiang, terdapat 2 braket (atas dan bawah) yang diikat ke tiang dengan dua tali penjepit yang telah disertakan. Dengan demikian, Anda hanya perlu menyiapkan tiang dan kabel UTP panjang (sesuai jarak AP dengan modul PoE injector). Adapun pada bagian depan, dibalik bodi plastiknya, terdapat antena bersistem Directional satu arah. Ada dapat memasang TL-WA7210N tersebut di atap rumah untuk menangkap sinyal Wi-Fi dari provider WISP atau TL-WA7210N lainnya (Point-to-Point) untuk selanjutnya dihubungkan ke PoE injector (di dalam rumah) melalui kabel UTP panjang. Selain menyediakan port RJ45, pada sisi bawah TL-WA7210N (lihat gambar) terdapat juga dua konektor (grounding terminal dan SMA antenna connector).

Antena eksternal (omni-directional) dapat dipasang kan pada konektor SMA tersebut jika Anda ingin memperluas jangkauan area koneksi wireless (bukan hanya pada satu arah saat koneksi Point-to-Point). Rekomendasi antena TL-WA7210N untuk koneksi ke berbagai arah belum dapat CHIP tentukan. Berdasarkan pengujian CHIP, jika TL-WA7210N difungsikan sebagai AP (hotspot) pada ketinggian 10 meter (tanpa tambahan antena), notebook yang berjarak sekitar 50-100 meter masih dapat menerima sinyal Wi-Fi yang ditransmisikannya. Perlu diingat bahwa besarnya jangkauan bersifat relatif tergantung dari faktor-faktor, seperti interferensi sinyal AP lain, adanya penghalang (tembok, dinding, dan lain-lain), pemilihan channel, serta sensitivitas penerimaan sinyal dari client device itu sendiri. Selain berfungsi utama sebagai AP outdoor, TL-WA7210N juga bisa dioperasikan dalam beberapa mode, misalnya mode AP indoor, client, bridge, dan repeater. Sebagai repeater, TL-WA7210N punya nilai plus karena bisa ditempatkan di luar ruangan jika Anda ingin memperluas jangkauan jaringan wireless dari rumah Anda ke tetangga atau gedung lainnya yang berda di sekitar. Saat difungsikan sebagai AP client router untuk membagi koneksi Internet (dari modem router), TL-WA7210N terlihat lebih bertenaga mentransmiskan sinyalnya dibandingkan AP lainnya, seperti yang ditampilkan dari grafiks pengujian Nuts About Nets NetSurveyor di bawah