Mekanisasi untuk Peternakan Sapi Bagian 3

Kalau sudah punya jerami, tinggal dijemur di lapangan, tidak usah beli Combine Harvester Half Feeding CHFseries, langsung saja beli dari petani padi.” Setelah kering, jerami dikumpulkan dengan alat Hay Rake CHR-series model CROWN CDM-170 yang mampu mengemas jerami hingga berbentuk silinder supaya mudah disimpan. Syaratnya, jerami harus dalam kondisi kering. Agus menimpali, petani yang punya sawah dan sapi, cukup membeli satu alat, yaitu Combine Harvester Half Feeding CHF-series’ model Crown CHF-7230 WM Prince. Di samping merontokkan bulir padi, jeraminya terkumpul untuk pakan ternak bagi peternak sapi skala kecil. Opsi lain, kata Reinardi, ”Peternak yang susah ngarit rumput, lebih baik beli ‘Disc Mower CDM-series model CROWN CDM- 170’.

Atau kalau posisi sapinya mencarmen car dan susah mau memberi pakannya, “Daripada mikul berat, pakan bisa dinaikkan ke trailer ‘Ratna Trailer (RATNA TR-2000)’ sebagai alat transportasi ke sapi berikutnya.” Menurut Renardi, dengan mekanisasi, peternak bisa meningkatkan efisiensi operasional. “Selama ini panen rumput gajah secara manual membutuhkan hampir 20 orang menggunakan arit. Tapi dengan mekanisasi, hanya 3 jam selesai. Tenaga kerja cukup dua orang, operator dan helper.

Dan sudah digabungkan dengan traktor 4-Roda dan ‘Ratna Trailer (TR-2000)’ untuk gerobak penampungan jadi ringkas,” jelasnya. Potensi Pasar Agus dan Reinardi berpendapat, potensi pasar mekanisasi peternakan cukup bagus karena pemainnya belum banyak. Terbukti perusahaan besar sawit-sapi sudah mengorder alsin mekanisasi untuk peternakan sapinya. Selain perusahaan, Rutan membidik peternakan milik perorangandan koperasi di empat provinsi.

Menurut Reinardi, selain traktor 4-Roda, alsin yang paling diminati pasar adalah Shaktiman Mobile Shredder, alat pemotong dan pencacah rumput gajah/tanaman jagung dan Ratna Trailer sebagai alat pengangkut. Sementara kalangan perorangan meminati Agrindo AMP-1000, mesin pemotong dan pencacah rumput, daun, dan ranting kecil. Dengan harga terjangkau dan kualitas bagus, Rutan optimistis dapat mendongkrak penjualan melalui pelayanan sepenuh hati dari tim teknis dan manajemen. “Rutan ini berani melakukan kunjungan lapangan setahun 2-3 kali. Bentuk pelayanannya adalah pelatihan dan panggilan cepat jika terjadi kerusakan pada mesin/ alat,” pungkas Agus.