Untuk mendapatkan jerami yang tidak terpotong sebagai pakan sapi, PT Rutan menghadirkan mesin pemanen padi khusus, yaitu Combine Harvester Half Feeding CHF-series model CROWN CHF-7230 WM PRINCE. “Hasilnya, jerami utuh lalu dikumpulkan dengan alat Hay Rake CHR-series’ model CROWN CDM-170. Alat ini bisa dipasangkan di traktor 4-Roda sebagai perangkat sisir untuk mempercepat pengeringan sebelum dijadikan rol/silinder meng gunakan perangkat mesin traktor 4- Roda jenis ‘Round Baler CRB-series’ model CROWN CRB-8530,” tambah Agus.

Selain itu, PT Rutan juga menyediakan pen cacah rumput/jerami/ranting pohon yang bisa disesuaikan ukuran cacahnya sesuai kebutuhan, AMP-series seperti AGRINDO SMP-1000 dan AGRINDO APO- 1200. Kedua alat pencacah ini untuk mempersiapkan bahan baku pupuk organik. Alur Sistem Pakan Ternak Modern Menurut Agus, untuk menghasilkan pakan ternak yang berkualitas maksimal, pihaknya mengeluarkan rekomendasi Alur Sistem Pakan Ternak Modern. Pertama, untuk pakan ternak dari jerami. Perangkat yang digunakan adalah Combine Harvester Half Feeding CHF-series model CROWN CHF-7230 WM PRINCE ? Hay Rake CHR-series model CROWN CDM- 170 ? Round Baler CRB-series’ model CROWN CRB-8530 ? Ratna Trailer ?Hewan Ternak (sapi, kambing, dan sebagainya). Kedua, untuk pakan ternak dari rumput. Perangkatnya adalah Disc Mower CDMseries model CROWN CDM-170 ? Hay Rake CHR-series model CROWN CDM-170 ?Round Baler CRB-series’ model CROWN CRB-8530 ? Ratna Trailer (RATNA TR- 2000) ? Hewan Ternak (sapi, kambing).

Ketiga, pakan ternak dari rumput gajah/tanaman jagung. Perangkat mesinnya adalah Mobile Shredder Shaktiman ? Ratna Trailer (RATNA TR-2000) ? Hewan Ternak (sapi, kambing). Keempat, untuk pakan ternak sederhana, bisa menggunakan alat/mesin pencacah langsung AMP series kemudian diberikan ke ternak. Aplikasi alur sistem produksi pakan ternak modern tersebut fleksibel tergantung kebutuhan petani/peternak.

Reinardi Mayono Utomo, Asisten Manajer PreHarvest Division PT Rutan menjelaskan, “Misalnya peternak sapi biasa, nggak punya tanaman padi, bisa langsung beli jeraminya di petani padi. Sekarang ada bisnis baru membeli jerami padi untuk pakan ternak. Harga satu pikap penuh sekitar Rp600 ribu.

baca juga artikel lanjutannya di https://manchestervtdogpark.org/mekanisasi-untuk-peternakan-sapi-bagian-3/