Saat ini Indonesia masih kekurangan daging sapi dan susu. Data Kementerian Pertanian menyebutkan, total produksi daging sapi nasional pada 2018 di perkirakan sekitar 403.668 ton, sementara kebutuhan nasional mencapai 663.290 ton. Hitung-hitung, peternak lokal hanya mampu memenuhi 60,9% dari kebutuhan. Jadi, masih ada peluang untuk mengembangkan peternakan sapi modern. Demikian pula pemenuhan kebutuhan susu masih tekor. Badan Pusat Statistik mencatat, kebutuhan susu Indonesia pada 2017 sebesar 4.448,67 ribu ton dengan konsumsi per kapita 16,99 kg/tahun.

Sementara produksi susu nasional cuma 922,97 ribu ton atau memasok 20,74% dari konsumsi. Sebagian besar lainnya, 3.525,70 ribu ton (79,26%) dipenuhi melalui impor. Ini menunjukkan ada potensi besar untuk mengembangkan usaha peternakan sapi perah dan menumbuhkan industri pengolahan susu di Indonesia. Dengan proyeksi angka tersebut, PT Rutan, produsen dan distributor alat dan mesin pertanian (alsintan) mendukung pencapaian swasembada daging dan susu melalui mekanisasi peternakan.

Caranya dengan memasok alsin penyediaan pakan ternak. Mekanisasi Peternakan Modern Setelah mapan dalam penyediaan alsintan canggih di kancah pertanian tanaman pangan dan perkebunan, PT Rutan merambah dunia peternakan modern. “Pertengahan 2018 mulai mengembangkan mesin-mesin peternakan karena potensi nya bagus dan masih terbuka lebar,” ungkap Agus Triyono, General Manager Pre-Harvest Division PT Rutan di Surabaya, Jatim. Untuk itu, PT Rutan meluncurkan berbagai mesin peternakan, yaitu mesin pemanen padi (jerami), mesin pengumpul dan pemotong rumput/jerami, mesin pengemas rumput hingga mesin pengangkut (trailer).

Sasaran utama, menurut Agus, adalah feedlot (penggemukan sapi) dan sapi perah. Di bidang pertanian traktor 4-roda menjadi produk unggulan PT Rutan dengan berbagai tipe dan model seperti Crown, Farmlead, dan Iseki. “Perangkat traktor 4-roda ini dalam peternakan bisa dipasangkan sebagai perangkat apapun, misalnya pemotong rumput atau jerami seperti ‘Disc Mower CDM-series’ model Crown CDM-170. Khusus pemotong rumput gajah/tanaman jagung menggunakan perangkat traktor 4-Roda ‘Mobile Shredder Shaktiman’. Alat transportasinya juga ada untuk mengangkut jerami yang sudah berbentuk silinder dan traktor 4-Roda bernama Ratna Trailer (RATNA TR-2000),” papar Agus.

baca juga artikel lanjutannya di https://manchestervtdogpark.org/mekanisasi-untuk-peternakan-sapi-bagian-2/