Cara Menjalankan Android Run Time (ART)

1 mengupdate ke android 4.4 kitkat pengguna nexus 5 langsung memilih runtime art, sedangkan pengguna nexus 4 dapat dan nexus 7 (2013) harus melakukan update ota (over the air).

2 restart android setelah proses update ota android os selesai (untuk nexus 4 dan 7), restart smartphone atau tablet tersebut agar proses upgrade kitkat dijalankan.

3 cek versi android setelah proses upgrade selesai dan android home screen tampil di layar, periksa versi android os melalui menu “settings | about tablet | android version”.

4 menampilkan “developer options” menu “developer options” belum aktif secara standar di menu “settings | system”. Anda harus men-tap “build number” beberapa kali hingga pesan akan aktifnya menu “developer options” tampil di layar.

5 kembali ke menu “settings” setelah pesan bahwa menu “devetings loper options” telah ditampiklan, kembali lagi ke menu “settings” untuk memeriksa adanya menu “developer options”.

6 mengaktifkan runtime art setelah menu “developer options” dipastikan telah tampil, buka menu tersebut dan lanjutkan dengan memilih menu “select runtime | use art”.

7 restart atau reboot device pergantian runtime ke art akan diikuti dengan proses reboot sistem. Prosesnya akan berlangsung mulai dari 10 hingga 30 menit (bergantung kecepatan device dan jumlah app). Data-data app anda tetap aman, termasuk saat kembali ke runtime standar dalvik jika anda menemukan ada satu atau beberapa app yang tidak kompatibel dengan art.

8 menguji performa app lakukan pengujian dengan membandingkan waktu start beberapa app saat menggunakan runtime art dan waktu start saat menggunakan runtime standar dalvik. Beberapa app yang belum kompatibel biasanya akan disediakan update-nya oleh masing-masing developer app.