Tips Dekorasi Taman dengan Biaya Murah

Pernahkah Anda mengidamkan suasana rumah seperti ini di masa kecil Anda: rumah putih mungil, dengan taman luas yang terhampar bunga di setiap sisi, serta kolam kecil yang menyejukkan mata dengan suara gemericiknya yang merdu. Persis seperti gambaran rumah idaman di dongeng-dongeng, bukan? Ya, hal itu membuktikan bahwa keberadaan taman merupakan salah satu poin penting bagi rumah ideal. Tak hanya sebagai “penyegar” mata, jika diibaratkan, taman merupakan paru-paru yang dimiliki oleh sebuah rumah, penyalur udara segar yang akan dialirkan ke dalamnya. Oleh karena itu, meskipun lahan hunian yang Anda miliki relatif sempit, eksistensi taman tetap diperlukan. Sayangnya, kebanyakan orang sudah mengabaikan pentingnya keberadaan taman.

Selain problematika lahan yang sempit, dalam pandangan sebagian orang awam, proses pembuatan taman memerlukan biaya yang relatif tinggi. Marina (35), seorang karyawati swasta, merupakan salah satu orang yang tidak mengutak-atik tamannya, karena perihal biaya. “Masalahnya, biaya desain tamannya saja sudah mahal. Belum lagi untuk perawatannya. Jadi saya urungkan niat saya untuk membuat taman di rumah,” tutur Marina. Namun, hal ini ditepis oleh Suwardi Hagani, seorang arsitek lansekap sekaligus pemilik Hagani Flora. Menurutnya, taman berbiaya murah bisa direalisasikan. “Sisi estetika sebuah taman itu terbentuk dari adanya elemen tanaman, bunga, hardscape, air, dan pencahayaan. Nah, setidaknya, untuk taman berbiaya murah tapi tetap indah, Anda bisa mewujudkan minimal satu elemen saja,” ungkap pria lulusan Universitas Indonesia ini.

Kenapa Membuat Taman Itu Mahal?

Menurut Suwardi, sebuah taman akan dianggap murah bila proses pembuatannya memakan biaya di bawah Rp5 juta, sudah termasuk ke dalam biaya tukang, pembelian tanaman, aksesori taman, dan hardscape. Lantas, apa yang menyebabkan biaya pembuatan tanaman begitu membengkak? Pria ini mengungkapkan, pemilihan jenis tanaman sangat menentukan biaya yang akan Anda keluarkan. “Beberapa pohon dan tanaman memiliki bentuk yang mirip, dengan ukuran yang serupa, tapi harganya bisa berbeda jauh.

Hal itu bisa disebabkan oleh tren yang sedang populer, kelangkaan tanaman, kedekatannya dengan momenmomen tertentu, ataupun kaitannya dengan tanaman kesukaan sosok terkenal,” ujar Suwardi. Selain jenisnya, Anda pun harus mengenali karakter tanaman yang akan dipilih. Pasalnya, kebanyakan tanaman pemikat mata seperti tanaman bunga warna-warni berasal dari tempat beriklim dingin ataupun subtropis. “Ketika kita membelinya di kawasan Puncak, Jawa Barat, yang memang memiliki udara dingin, warnanya sih memang masih bagus dan berwarna-warni.

Tapi, begitu sampai di Jakarta, langsung memble (tak bagus,red.),” ucapnya. Suwardi menekankan pula, bahwa terdapat beberapa tanaman berharga murah, namun hanya bisa hidup di musim tertentu. Alhasil, bila Anda menggunakan tanamantanaman tersebut, kelak, biaya yang Anda keluarkan bisa berkalikali lipat. Bayangkan, Anda harus rutin menggantinya setiap bulan. Walaupun murah, lama-lama kocek Anda pun akan terkuras.

Yang Penting Kreatif

Ingin membuat taman dengan biaya murah? Suwardi menjelaskan, dengan mengkreasikan material atau benda-benda yang sudah Anda miliki, Anda bisa menekan pengeluaran pembuatan taman dalam jumlah besar. Yang penting, jangan takut untuk menjadi kreatif dengan bahan-bahan yang ada. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk memilih tanaman sendiri, tanpa memanfaatkan jasa tukang taman borongan, Suwardi menganjurkan agar jangan sampai berbelanja lebih dari Rp2 juta. Biaya itu sudah termasuk ke dalam pembelian tanaman, hardscape, ataupun elemen taman lainnya.

Tentu saja, meskipun murah, taman tersebut harus berfungsi sebagaimana mestinya. “Bagi saya, indikator taman ideal ini antara lain bisa membuat suasana sejuk dan adem ayem, menghadirkan pemandangan serba hijau yang menyehatkan mata, serta menciptakan ruang pandang yang luas,” tutur Suwardi.

Selain membuat taman dengan harga yang murah juga harus diperhatikan ketersediaan listrik. dibutuhkan genset sebagai sumber energi listrik cadangan ketika listrik dari PLN sedang padam. Untuk mendapatkan harga genset untuk rumah tangga yang murah bisa didapatkan dari distributor resmi jual genset 350 kva di Jogja. Salah satu distributor resmi genset itu adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga terjangkau dan masih ada diskon tentunya. Barang yang selalu ready stock membuat pengirim dapat dilakukan dalam waktu yang cepat.