Pengujian USB Drive

Meskipun masing-masing dari kelima flash disk dual drive memiliki karakteristik yang berbeda-beda, menguji berdasarkan kesamaan yang dimilikinya agar seluruh produk memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan award.

Performa (70%)

dikarenakan hanya philips dual USB drive mono 3.0 dan Team m132 yang memiliki konektor USB 3.0, maka hanya menguji kecepatan transfer data melalui konektor micro USB. Untuk menguji kecepatan transfer data, smartphone yang digunakan adalah Sony Xperia Z1 dengan menggunakan aplikasi eS File explorer. Untuk menguji performa menulis maupun membaca, memindahkan file sebesar 1 GB dari internal memory ke flash disk, dan sebaliknya. hal tersebut dilakukan sebanyak tiga kali, lalu dihitung nilai rata-ratanya.

ergonomi (10 %)

Bagi anda yang tidak menggunakan soft case atau jelly case, ergonomi dari flash disk bukanlah masalah yang besar. namun hal tersebut akan cukup merepotkan untuk anda yang menggunakan soft case atau jelly case. pasalnya, tidak semua panjang konektor micro USB sama. dalam hal ini, konektor micro USB yang lebih panjang memiliki nilai tambah tersendiri. dengan begitu, anda yang menggunakan soft case atau jelly case, tidak perlu membukanya terlebih dahulu.

Perlengkapan (15 %)

meski semua flash disk memiliki lubang kecil untuk menyisipkan tali, tidak semuanya memberikan tali tersebut di dalam paket penjualannya. Selain dari kelengkapan paket penjualan, aplikasi atau software pendukung yang disertakan pun mampu menjadikan sebuah flash disk memiliki nilai plus. aplikasi atau software pendukung tersebut tidak hanya berbasis windows, tetapi juga android, ioS, dan berbagai aplikasi mobile lainnya.

dokumentasi (5 %)

Bagi para pengguna awam, dokumentasi merupakan hal yang sangat penting. pasalnya, tanpa dokumentasi yang lengkap, anda harus bersusah payah untuk mengetahui cara pengoperasian serta informasi-informasi yang penting mengenai produk yang digunakan. namun, untuk flash disk dual drive, dokumentasi tidak banyak memengaruhi bobot penilaian. pasalnya, semua flash disk kini sudah memiliki feature plug and play.