Ada Keinginan Pada Papa

Pada suami, sebenarnya ada keinginan, minat, dan rasa tanggung jawab yang juga tak kalah kuat. Namun, kembali “intuisi keibuan” jauh lebih ditantang dalam mengambil peran awal ini, dan para suami biasanya lebih mengambil cara aman dengan melihat dan mempelajari situasi lebih dulu, hingga akhirnya diajak atau dilibatkan. “Memang, istri akan selalu membaca kesan kuat menjaga jarak yang diperlihatkan suami.

Padahal sebenarnya, para suami sering merasa kurang kompeten dan tidak ingin melakukan kesalahan saja. Bukan karena mereka enggak mau ikut berperan atau bertanggung jawab atas penang anan bayi di usia sangat dini,” kata Della, psikolog sekaligus mama dari dua anak ini. Oleh karena itu, sebaiknya pahamilah perilaku para suami ini.

Jika ketidakpahaman dan kesa lahpengertian seperti itu terus berlangsung, sangat memungkinkan persoalan ini menjadi sebuah pemicu konflik antarpasangan. “Betul sekali. Sikap dan peri laku menjaga jarak yang terus dimaknai atau dipersepsikan oleh istri sebagai ‘keengganan’ dalam keterlibatan mengurus bayi baru lahir bisa menimbulkan konflik antarpasangan. Terlebih istri masih dalam kondisi belum stabil baik dari segi hormonal ataupun emosional.

Kecemasan yang timbul di dalam diri seorang ibu akan kemampuannya mengatasi masa-masa penyesuaian pascakelahiran bayi pada kenyataannya sudah mendatangkan rasa tidak nyaman tersendiri. Terlebih jika pasangan tidak dapat memahami kondisi ini, dan justru membiarkan istri dalam masalahnya seorang diri,” jelas Della. Della menyarankan agar para suami hendaknya bisa ikut mempelajari gejala-gejala atau fenomena ini dan menguatkan/memantapkan hati istri.

Bantulah istri setidaknya dalam bentuk dukungan emosional. Contoh, berada dekat istri yang sedang menyusui, membantu menyiapkan air dan perangkat mandi, atau ikut bangun saat bayi harus diganti popoknya di malam hari. Hal-hal seperti itulah yang merupakan bentuk “dukungan kecil” para suami untuk istri, yang secara psikologis sangat berdampak pada penurunan kecemasan istri.

Ketika anak sudah tumbuh di usia sekolah berikan ia pendidikan bahasa asing yang akan berguna untuk masa mendatang. Karena di usia dini adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar berbagai bahasa. Tempat kursus terbaik belajar bahasa Perancis di Jakarta adalah pilihan yang tepat.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing bisa memberikannya les tambahan pelatihan di tempat belajar bahasa Perancis di Jakarta terbaik.