Sinopsis dan Jalan Cerita Film MALEDIMIELE

Sinopsis

Sara yang berusia 15 tahun adalah seorang gadis cantik yang lahir dari keluarga kaya, dengan nilai bagus dan teman-teman yang menyayanginya. Namun saat ketakutan, kecemasan dan kesalahpahaman mulai menggerogotinya, ia mengalami kemunduran dengan obsesinya yang tidak sehat soal berat badannya. Sambil berusaha mencapai ‘ukuran 38 yang sempurna’, sebuah insiden perjalanan sekolah membongkar rahasianya. Ulasan Pemenang Fiuggi Family Festival’s Special Prize di Festival Film Venesia ke-67,

MALEDIMIELE

mengisahkan tentang seorang remaja yang ingin menghilang dari dunia dengan mengendalikan tubuhnya. Judul flm ini berasal dari fase pertama anorexia ‘Honeymoon’ (‘luna di miele’, dinamakan demikian karena ini adalah saat dimana penderita anoreksia merasa baik. ‘Semakin ramping tubuhmu, semakin baik perasaanmu. Itulah saat di mana kebenaran dijungkirbalikkan dan sang remaja meyakini bahwa ‘yang lain itu salah’, sutradara Marco Pozzi menjelaskan (Sky Italia). Sebagai seorang guru dan peneliti flm, Pozzi menghabiskan waktu satu setengah tahun bersama penulis skenario Paolo Rota di pusat perawatan utama untuk gangguan makan guna mempelajari efek dan konsekuensinya.

Dengan menekankan bahwa ia lebih tertarik pada dimensi mental dari gangguan ini, Pozzi menyelaraskan flm ini sedekat mungkin dengan sudut pandang medis, terutama dari aspek psikologis, kimia dan nutrisi. Film ini dibuat di Milan yang terkenal sebagai ‘pusat fashion dunia’ dimana standar imajiner dipaksakan pada sosok manusia. Namun Pozzi memperingatkan untuk tidak semata-mata mengaitkan anoreksia dengan fashion. Gangguan makan, menurutnya, adalah semacam ‘protes’, karena tidak ingin menyamakan diri dengan harapan dan pemaksaan sosial. Anoreksia dengan demikian selalu merupakan masalah yang sulit untuk didekati karena sifatnya sangat pribadi yang mempertanyakan individu tersebut.

Meski usianya masih belia, Benedetta Gargari yang berusia 15 tahun yang menjadi pemeran utama, langsung meyakinkan Pozzi dengan kemampuannya untuk memikat perhatian pemirsa dan mengeksplorasi dimensi gangguan tersebut. Gargari mengambil waktu sangat panjang untuk mempersiapkan perannya, seperti menjadi relawan untuk menurunkan 5 pon (2.3 kg) bobotnya untuk memahami perannya. Dalam satu adegan, ia bahkan harus menelan sejumlah besar biskuit dan seolah mendapat serangan bulimia. Penampilannya yang luar biasa membuatnya memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di Festival Film Italia Annecy 2011. Benar-benar realistis namun teramat indah, MALEDIMIELE menampilkan deskripsi fatalistik tentang gangguan makan dan dampaknya terhadap orang-orang di sekitar mereka. Film ini tidak serta merta memberikan jawaban yang mudah, memaksa pemirsa untuk bertatap muka dengan penyakit ini dalam bentuk yang paling dingin dan apa adanya.