Review Film INTO PARADISO

Sinopsis

Sebuah kesalahpahaman tragi-comic memaksa ilmuwan Alfonso untuk bersembunyi dari mafa. Pemain kriket Gayan yang jatuh miskin pindah ke Naples untuk mencari surga, tapi ia terlibat dalam masalah Alfonso dan lahirlah sebuah persahabatan istimewa. Dengan perpaduan antara teater, animasi stop-motion dan diorama video surealis, duo ini mengumpulkan keberanian untuk menghadapi nasib mereka dan mengubah hidup mereka selamanya.

Ulasan

INTO PARADISO besutan Randi terinspirasi oleh sebuah lukisan yang ia lihat di Piazzo Dante, Italia, di mana terlihat di satu sisi sekelompok pemain sepak bola bermain sepak bola, sementara di sisi lain sekelompok anak laki-laki Sri Lanka bermain kriket. Melalui flm tersebut, Randi berharap untuk menciptakan kembali apa yang menjadi kekhasan pengalaman para imigran – terpaksa berbagi ruang dengan orang-orang yang berasal dari dunia yang berbeda. Dengan begitulah karakter Alfonso dan Gayan lahir. Sebagai pemeran utama adalah veteran teater dan bintang flm Italia Imparato, yang te lah menghibur penonton di flm-flm besar seperti Il Divo (2008) dan Gomorra (2008).

Penampilan komedi Imparato sebagai Alfonso dalam INTO PARADISO membuatnya mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Pendek Internasional Maremetraggio serta Festival Film Komedi Monte Carlo. Rekannya, Anthony, adalah seorang aktor Sri Lanka yang mendapat ketenaran setelah debutnya di INTO PARADISO. Sejak saat itu ia terus berakting di beberapa flm lain seperti Human Capital (2013) dan Una Domenica note (2013). Meski ini adalah debut sutradaranya, Randi bukanlah orang yang menyukai teknik pembuatan flm konvensional. Sebagai seniman visual yang tekun, Randi menggabungkan animasi stop-motion dan diorama video surealis ke dalam flm untuk menonjolkan komedi visualnya. Eksentrisitas gaya pengarahannya tidak luput dari perhatian – bahkan end-credit-nya dipuji sebagai ‘karya seni pop yang orisinal’ (The Hollywood Reporter). Dipuji oleh kritikus sebagai sutradara terampil dengan ‘talenta dan inspirasi hebat’, Randi sebagai pendatang baru terbukti menjadi pesaing kuat dalam perflman kontemporer Italia. INTO PARADISO meraih gelar Film Terbaik di Festival Bimbi Belli, dan dinominasikan dalam beberapa penghargaan dalam David di Donatello Awards, Sindikat Jurnalis Film Nasional Italia